POrtal information

001-0000-071

Penyediaan Sarana Prasarana Sanitasi Oleh Royal Golden Eagle

RGE (Royal Golden Eagle) adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto, seorang pemilik kekayaan terbesar nomor lima di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2013. Raja Garuda Emas, yang dalam bahasa Inggris adalah RGE, merupakan salah satu perusahaan besar di dunia. Dalam hal ini merupakan sebuah perusahaan yang mengelola kelompok perusahaan kelas dunia dalam industri manufaktur yang berbasis SDA atau Sumber Daya Alam. Anak perusahaan RGE ada beberapa perusahaan terkenal yang dibawahi olehnya misal April grup dan Asian Agri serta Tanoto Foundation.
Sukanto Tanoto sangat peduli terhadap pendidikan di dunia. Sampai Sukanto Tanoto mendirikan sebuah naungan untuk mereka-mereka yang pintar dengan Beasiswa Sayap Garuda, yang telah mencapai 2000 lebih murid dan mahasiswa. Program ini diberikan kepada keluarga karyawan RGE (Royal Golden Eagle). Dan untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan lebih dari 320 sekolah di Sumatra Utara, Riau, dan Jambi. Program ini sejalan dengan pengembangan kapasitas guru pengejar dalam pembelajaran di kelas, pelatihan murid untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat, dan dukungan supaya murid memiliki kebiasaan membaca dan cinta akan buku.
Selain memiliki sebuah bisnis seperti industri pulp dan kertas, gas dan minyak bumi, serta membuat sarana dan prasarana seperti mendirikan sebuah TK dan SD. Lalu juga Tanoto Foundation, anak perusahaan RGE, juga RPTRA Akasia (taman bermain untuk anak-anak). Bahkan Selain itu juga dikenal pada bidang lainnya yaitu yang berhubungan dengan solusi pengentasan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup di masyarakat.
Telah disebutkan sebelumnya bahwa Tanoto Foundation memiliki sebuah perusahaan industri pulp dan kertas, dalam hal ini mereka bekerja sama dengan PT. Riau Andalan Pulp dan Paper dalam pelatihan bagi para petani dan Asian Agri dalam upaya peningkatkan kualitas dan produksi serta pengelolaan perkebunan kelapa sawit untuk keberhasilan program di bidang pemberdayaan masyarakat, melatih 3400 petani dalam Sistem Pertanian Terpadu dan pada program kegiatan mitra korprasi termasuk upaya meningkatkan pendapatan lebih dari 29.000 petani plasma dari sekitar 60.000 hektar kebun kelapa sawit. Selain itu juga kemitraan yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pembangunan sanitasi, sarana air bersih, dan pelayanan kesehatan masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut.
Apa yang dimaksud dengan sarana sanitasi? Sarana sanitasi merupakan sarana peturasan yang diperlukan dalam sebuah rumah tangga, kantor, dan fasilitas sosial, dalam hal ini berupa sarana jamban keluarga (JAGA) atau jamban institusi (JASI) yang dapat digunakan untuk keperluan 10 hingga 25 orang, tergantung luas lahan dan jumlah pemakai yang direncanakan. Dari sanalah penyediaan sarana prasarana sanitasi oleh RGE dilakukan.

baca juga : http://www.sukantotanotobiography.com/id/
http://medianya.com/3138/inspirasi-mengubah-hidup-dari-sukanto-tanoto/

  • October 2017