Otomotif Mobil Motor

001-2345-626

Lakukan Perawatan Rem Mobil dengan Tepat untuk Meminimalisir Kecelakaan Saat Berkendara

Mobil mempunyai beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan dan juga penggunaan untuk menanggulangi tingkat kecelakaan saat berkendara. Salah satunya adalah rem yang mempunyai fungsi sebagai alat pengendali laju mobil Anda. Pada sistem pengereman sendiri terdapat beberapa komponen yaitu dari rem dalam kabin, booster rem, slam rem, master rem, kampas rem, minyak rem, cakram ataupun lainnya. Dan kesemuanya mempunyai tugasnya masing-masing dan berkolaborasi untuk melakukan pengereman pada mobil.

Kondisi rem pada mobil tergantung dari cara Anda menggunakan dan merawatnya, apakah sudah tepat atau belum. Jika Anda mengabaikan hal tersebut tentunya performa rem untuk bekerja tidak bisa optimal dan tentunya hal tersebut dapat mengancam keselamatan Anda sebagai pengendara. Karena tidak sedikit kasus kecelakaan yang diakibatkan rem mobil blong. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi rem supaya tetap baik yaitu:

1. Ganti minyak rem secara berkala
Supaya kinerja rem mobil Anda bisa maksimal sebaiknya lakukan penggantian rem mobil setiap 25 ribu km atau minimal satu minggu satu kali. Karena minyak rem yang sudah mempunyai penurunan kualitas akan menyebabkan rem blong. Dalam pemilihan minyak rem juga tidak bisa sembarangan, cari yang benar-benar telah direkomendasikan untuk mobil Anda.

2. Periksa kanvas rem
Untuk mencegah kerusakan pada bagian dinding piringan rem mobil Anda haruslah selalu melakukan pemeriksaan pada kanvas rem Anda. Untuk bagian kanvas sendiri bisa dilakukan penggantian minimal pemakaian yang tersisa 20 persen.

3. Periksa sepatu rem
Dapat dikatakan bagian ini sangat krusial terhadap karat terutama saat terlalu sering terkena air. Ada baiknya Anda periksa pada dudukan rem dan pastikan bahwa kampas rem mempunyai kondisi yang baik sehingga tidak terjadi gesekan yang menimbulkan bunyi yang tidak membuat nyaman.

4. Hati-hati komponen rem KW
Melakukan perawatan pada bengkel resmi merupakan salah satu cara untuk menghindari adanya komponen KW yang dapat merusak mobil Anda. Jika komponen tidak sesuai tentu kinerja dari rem juga tidak bisa maksimal, jadi akan membahayakan.

5. Service rem secara berkala
Jika Anda merasakan rem mobil sudah tidak optimal karena seringnya digunakan, alangkah baiknya lakukan service secara rutin minimal setiap 5000 km. Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, maksimal 100 ribu tetapi tergantung dari kondisi rem Anda.

Setelah melakukan beberapa trik diatas bisa Anda bedakan mana yang lebih nyaman menggunakan mobil dengan perawatan rem yang tepat atau tidak. Jika Anda melakukan pemeliharaan yang sesuai bukan hanya performa mobil yang baik Anda dapatkan tetapi juga masa pakai rem yang lebih lama dari pada umumnya. Jadi pastikan setiap komponen pada mobil Anda terawat dengan baik untuk meminimalisir adanya tingkat kecelakaan di jalan.

Sumber otospare.com

  • December 2017