Business

000-0587-630

8 Jenis Menu Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes Melitus

Tingginya kadar gula dalam darah memang patut untuk diwaspadai, karena pada dasarnya hal ini berbahaya bagi pembuluh darah, bisa menyebabkan terjadinya kebocoran sampai dengan kerusakan organ-organ tubuh penting yang lainnya, seperti diantaranya adalah ginjal hingga jantung. Masalah semacam ini dikenal juga sebagai penyakit diabetes, penyakit yang satu ini memang begitu identik menyerang masyarakat di usia lanjut, khususnya ketika sudah memasuki angka 30 tahun. Bukan tanpa alasan, melainkan hal tersebut disebabkan oleh hasil pola hidup yang tidak sehat selama ini.

Misalnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, jarang olahraga, sehingga membuat berat badan semakin lama juga semakin meningkat. Secara tak disadari obesitas ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Memang tak bisa dipungkiri jika seandainya diabetes atau penyakit gula ini berpotensi juga untuk menyerang orang-orang di usia muda, namun prosentasenya sangat kecil, dibandingkan dengan mereka yang terserang di usia dewasa.

Untuk itulah diwajibkan selalu mengecek kadar gula dalam darah agar bisa terhindar dari penyakit tersebut. Biasanya dengan melihat tingkat glukosa yang terdapat dalam darah, maka Anda sudah tau prosentase atau potensi terserang penyakit ini di kemudian hari. Agaknya jika sudah mengalami resiko yang tinggi, ada beberapa jenis pantangan yang harus dihindari, diantaranya adalah:

1. Minuman dan makanan yang manis, makanan maupun minuman dengan kandungan gula berlebih memang menjadi hal yang harus dihindari oleh penderita penyakit tersebut, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang tingginya kadar gula yang ada dalam darah inilah yang nantinya dapat memicu komplikasi berbahaya dengan penyakit-penyakit lainnya. mulai atur takaran gula yang Anda konsumsi setiap hari.

2. Lemak trans, yaitu lemak jahat, jenis lemak yang satu ini dikenal juga dengan istilah kolesterol, biasanya banyak terkandung pada menu makanan yang digoreng, juga terdapat pada bahan makanan kalengan layaknya selai, creamer dan sirup. Tak hanya dapat memicu diabetes, melainkan juga penyakit jantung.

3. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana, biasanya menu makanan yang mengandung karbo sederhana memang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat, sebut saja salah satu diantaranya adalah nasi putih, kemudian roti tawar yang dibuat dari bahan dasar karbohidrat sederhana, makanan semacam ini memiliki kadar glukosa yang tinggi, sehingga berbahaya untuk penderita diabetes.

4. Yogurt, hasil olahan susu yang satu ini meskipun tidak mengandung lemak, namun sarat akan kandungan gula sehingga kurang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Kopi, meskipun sebenarnya baik untuk dikonsumsi, namun jika salah dalam memilihnya berakibat buruk pada kesehatan, contohnya sendiri produk kopi kemasan yang sudah dicampur berbagai macam bahan pemanis buatan, kemudian juga ada beberapa orang yang gemar mengkonsumsi kopi manis.

6. Madu dan sirup, madu ini dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tidak bagi penderita diabetes yang harus menjauhi bahan makanan manis karena beresiko tinggi tingkatkan kadar gula darah.

7. Buah kering, buah-buahan yang sudah dikeringkan biasanya ditambah dengan zat pemanis tertentu untuk membuatnya tahan lebih lama, selain itu kandungan nutrisi dan juga serat yang ada di dalamnya semakin lama juga kian hilang.

8. Makanan ringan, seperti diantaranya adalah snack yang banyak dijual di pasaran, kebanyakan dibuat dari bahan dasar tepung dan ada campuran pemanis, pengawet hingga penyedap rasa.

Wajib menghindarinya untuk normalkan kadar gula darah.

  • September 2018